Sabtu, 21 Juli 2012

Tips Mancing Di Sungai



Memancing ikan memang bisa menjadi hobi yang mengasyikan bagi banyak orang. Memancing bisa dilakukan di pantai atau di sungai.

Cuma yang perlu diketahui adalah teknik memancing di sungai itu ada perbedaannya dengan di pantai atau di laut. Namun meski begitu tetap ada persamaan yang dimiliki, yaitu sama-sama menyenangkan. Apalagi bila kita bisa mendapat lokasi yang bagus.

Memilih Lokasi

Tidak berbeda dengan di laut, [kwd]teknik memancing di sungai[/kwd] juga perlu strategi yang khusus. Terutama pada pemilihan lokasi yang bagus, agar nanti bisa mendapat ikan air tawar yang banyak dan besar.

Bagi yang ingin memuaskan kegemarannya dalam memancing di sunggai, pilihlah lokasi-lokasi yang kondisinya airnya jernih dan tidak banyak kotoran, terutama limbah industri. Ikan sama sekali tidak menyukai tempat seperti ini. Maka jangan berharap bisa mendapat ikan bila tetap nekad menggunakan sungai seperti ini untuk dijadikan lokasi pemancingan.

Setelah melihat kondisi airnya, perhatikan pula keadaan sungai itu. Bila tanah di sekitar sungai itu berbatu, maka teknik memancing ikan di sungai seperti ini adalah dengan memilih lokasi di daerah muara sungai tersebut.

Jangan di daerah hulunya. Karena untuk sungai yang banyak batunya, ikan lebih suka tinggal di daerah muara. Karena arusnya relatif lebih tenang. Selain itu ikan juga lebih mudah mencari makanan.

Lalu bagaimana bila sungai itu berpasir?  Lihat dulu kondisi kedalaman sungai tersebut. Bila cukup dalam, maka kita bisa berharap bisa mendapat ikan yang banyak dan besar. Karena bila sungainya dangkal, maka ikan yang hidup di situ pasti kecil-kecil dan jumlahnya juga tidak banyak.

Teknik Memancing

Setelah dapat lokasi yang bagus, teknik memancing di sungai selanjutnya adalah cara melempar kail. Usahakan  untuk melempar kail tepat di tengah-tengah sungai. Jadi jangan asal melempar dengan jauh begitu saja.

Kalau lemparannya terlalu jauh, justru mata kail ikan bisa jatuh di pinggir seberang sungai. Jadi sama sajakan, tetap di pinggir. Ikan yang besar pasti lebih suka memilih tinggal di bagian tengah sungai. Karena dasarnya juga lebih dalam dibanding dengan daerah pinggir.

Kemudian hal lain yang perlu diperhatikan dalam teknik memancing di sungai adalah posisi mata kail  Ketika melakukan lemparan, usahakan mata kail bisa jatuh dengan posisi mengikuti arus air. Jangan yang berlawanan. Karena ketika merasa lapar, ikan akan lebih mudah melihat umpan kita. Sehingga kemungkinan mendapat hasil tangkapan juga bisa lebih besar.

Lalu untuk makanan yang mau dijadikan umpan, pilihlah makanan yang paling disukai oleh segala macam jenis ikan air sungai atau tawar. Ingat, jenis makanan ikan sungai dan laut itu berlainan. Jangan disamakan begitu saja.
Memancing ikan adalah salah satu hobi yang sering dianggap membosankan bagi sebagian orang. Padahal kalau kita tahu teknik memancing ikan yang tepat, memancing bisa menjadi salah satu hobi yang sangat menyenangkan.

Satu lagi hal yang melekat pada hobi yang satu ini adalah perlunya kesabaran untuk menunggu lama agar dapat memperoleh ikan. Di balik itu, waktu lama belum tentu diperlukan saat memancing asal kita tahu teknik memancing ikan yang tepat.


Tidak Sekedar Melempar Umpan

Memancing bukan sekedar melempar umpan dan menunggu umpan dimakan oleh ikan. Memancing juga bukanlah suatu kegiatan yang mengutamakan keberuntungan agar umpan dimakan ikan. Ada beberapa teknik memancing ikan yang perlu Anda ketahui agar kegiatan memancing menjadi kegiatan yang menyenangkan.

Salah satu hal yang terpenting di dalam teknik memancing ikan adalah mengenai umpan. Umpan yang tepat akan memperoleh tangkapan ikan yang tepat pula. Saat Anda salah menggunakan umpan dalam memancing, pasti ikan yang diincar tak akan kunjung memangsa umpan yang Anda lemparkan. Memancing akan menjadi kegiatan yang memboroskan waktu Anda.

Hal kedua yang juga tidak kalah pentingnya dalam teknik memancing ikan adalah menentukan waktu untuk memancing. Ada beberapa ikan yang keluar untuk mencari makan di siang hari. Ada pula jenis ikan yang keluar dan mencari makan di malam hari.

Pemilihan waktu yang tidak tepat dengan ikan yang Anda incar akan membuat kegiatan memancing Anda gagal total. Dengan memahami kebiasaan ikan, Anda akan memperoleh hasil pancingan sesuai dengan keinginan.

Jika Anda memancing di kolam, sungai atau danau, kondisi tempat memancing menjadi penting dalam memperoleh ikan. Ikan tidak akan senang di daerah yang kotor, apalagi dipenuhi dengan sampah. Anda tidak akan dapat memancing secara maksimal di sungai-sungai Jakarta yang sudah dipenuhi dengan sampah.

Selain itu, tanaman air yang ada juga mempengaruhi keberadaan ikan. Ada ikan yang tidak senang dengan daerah air yang dipenuhi dengan tanaman.

Hal lain yang juga tak kalah pentingnya dalam teknik memancing ikan adalah penggunaan kail. Untuk ikan-ikan yang tidak terlalu besar, Anda tidak perlu menggunakan kail khusus.

Berbeda halnya jika Anda memancing ikan di tengah lautan untuk mendapatkan ikan-ikan yang besar, kail khusus perlu Anda persiapkan. Jangan sampai ikan tangkapan gagal Anda peroleh karena kail yang patah saat berjuang melawan kekuatan ikan.

Pada dasarnya itulah beberapa hal yang penting dalam teknik memancing ikan. Dengan memahami berbagai teknik ini, kegiatan hobi memancing akan menjadi sangat menyenangkan. Anda bisa panen ikan sesuai yang Anda harapkan. Anda bisa menjadi layaknya pemancing profesional dengan memahami berbagai teknik memancing ikan ini.
Hobi yang satu ini memang jarang disukai oleh kenbanyakan orang.  Memancing membutuhkan kesabaran yang tinggi.  Bagi sebagian orang, kegiatan memancing bisa membantu mengusir kejenuhan dan stres setelah seharian bekerja. 

Nah, salah satu yang ingin dipelajari bagi pemancing pemula salah satunya seperti teknik memancing ikan mas ini.  Pada umumnya teknik memancing ikan mas atau ikan yang lainnya yang digunakan adalah sama.


Tips teknik memancing ikan mas

Memancing ikan sebenarnya mudah bagi yang sering melakukannya.  Tidak perlu belajar teknik memancing ikan mas terlebih dulu pun, dapat memancing dengan baik.  Yang terpenting adalah, kesabaran.

Menunggu ikan memakan umpan dan tersangkut untuk ditangkap, membutuhkan waktu yang tidak dapat ditentukan.  Kalau sedang beruntung, Anda bisa mendapatkan banyak ikan dalam hitungan menit saja.

Tapi, bagi Anda yang ingin mengikuti even perlombaan memancing, sebaiknya Anda harus mempelajari dulu teknik memancing ikan mas ini.  Untuk itu, teruslah berlatih memancing sesering mungkin agar Anda dapat memperoleh kecepatan dan ketepatan dalam memancing.

Nah, berikut ini beberapa tips teknik  memancing ikan mas:
Tali kenur/alat pancing
Untuk mendapatkan hasil pancingan yang kuat, sebaiknya alat pancing yang digunakan adalah tali kenur yang berkualitas baik.  Tali kenur yang berkualitas super biasanya memiliki daya mulur yang rendah sehingga tidak terlalu memerlukan sentakan yang kuat saat memancing.  Tali kenur kualitas super ini juga tidak cepat putus.

Selain itu, teknik memancing ikan mas dengan menggunakan tali kenur berkualitas super ini  karena ukuran talinya yang sangat kecil sehingga tidak terlalu nampak bayangannya di air.
Melontarkan umpan
Perhatikan cara melontarkan umpan dalam teknik memancing ikan mas terutama bagi Anda yang ingin ikut dalam perlombaan memancing.  Seringlah berlatih melemparkan umpan ke kolam pancingan. 

Kalau dalam pertandingan biasanya ada pembatasan wilayah pancing, jadi sebaiknya Anda berlatih agar lontaran umpan dan pancing tidak meleset ke arah lain.
Pelampung
Gunakan pelampung sebagai penanda saat ikan menyambar umpan.  Teknik memancing ikan mas adalah dengan memperhatikan gerak pelampung.  Jika ikan mas yang menyambar umpan berukuran besar, biasanya gerakannya lebih kasar dan cepat.  Pelampung akan langsung masuk dan tenggelam ke dalam air begitu umpan disambar.

Pastikan untuk segera menyentakkan tali kenur.  Waspadai untuk melenturkan tali kenur saat merasakan tarikan yang kuat dari ikan mas, kemungkinan adalah ikan tersebut berukuran besar.  Cobalah untuk mengulur sedikit waktu sambil menarik perlahan agar tali kenur tidak putus.

Teknik memancing ikan mas ini dapat dilakukan dengan cara dan gaya pemancingan yang berbeda-beda.  Kesabaran dan ketekunan dalam berlatih sangat diperlukan jika Anda ingin mengikuti perlombaan memancing.

1 komentar:

  1. mksih info.y gan..
    slam knal jga yah..
    by Adam

    kunjung blik jga klo bsa
    www.aad.web.id
    Thanks :)

    BalasHapus